Tuesday, January 7, 2014

RECHARGE AKI MOBIL DENGAN JUMPSTART




Aki mobil biasanya bisa berumur 2 sampai 3 tahun, yang berkualitas malah kadang bisa sampai 5 tahun. Namun sering kali belum saatnya mati, aki mobil sudah loyo. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan aki mobil kurang garang, padahal umurnya belum terlalu tua :
1.       Aki tidak di rawat dengan baik.
2.       Ada komponen pada mobil yang rusak sehingga mengkonsumsi daya listrik yang berlebihan dari aki.
3.       Kerusakan kabel aki dan komponen aki bisa merusak aki.
4.       Anda memasang perangkat tambahan yang mengkonsumsi daya tambahan dari aki.
5.       Tidak menjalankan mobil dalam jangka waktu yang lama.
6.       Cuaca dingin yang ekstrem.
7.       Kebiasaan buruk ketika menggunakan mobil, seperti menyalakan tape dalam kondisi mesin mati atau lupa mematikan lampu jalan.
Jika aki anda ngedrop (biasanya gejalanya tidak bisa menstater mobil), dan lampu mobil menjadi redup saat dinyalakan, maka coba dulu untuk me-recharge aki sebelum membeli aki baru. Jika aki tersebut di-charge dan kemudian bisa beroperasi normal lagi, maka tandanya aki masih dalam kondisi baik. Tapi jika setelah di-charge ulang, aki tetap ngedrop, maka harus segera mengganti aki.
 Berikut ini beberapa teknik untuk mengisi ulang aki, yang anda perlukan hanyalah mobil yang mempunyai aki dengan spek voltase seperti aki mobil anda, dan 2 kabel dengan capit buaya di kedua ujungnya:
1.       Sebelum men-charge ulang, cek apakah ada kerusakan fisik dari baterai.
2.       Hubungkan terminal positif dengan positif, terminal negatif dengan negatif.
3.       Nyalakan mobil yang menjadi sumber pengisian (yang akinya bagus). Tunggu beberapa waktu.
4.       Setelah beberapa menit mengisi ulang, cek mobil yang diisi ulang, apakah sudah bisa dinyalakan. Jika mesin belum bisa distater, coba cek lagi apakah pemasangan kabel sudah benar atau ada yang salah.
5.       Untuk mengisi ulang, paling tidak lakukan selama 20-30 menit. Sepanjang waktu itulah alternator akan punya cukup waktu untuk me-charge baterai.
6.       Setelah baterai di-charge matikan mesin.
7.       Lepaskan kabel jumper tersebut berkebalikan dengan saat anda memasangnya, yaitu negatif dulu baru positif yang dilepas.
8.       Anda harus berhati- hati jangan sampai konslet saat melakukan hal ini, gunakan sarung tangan untuk melakukannya.

No comments:

Post a Comment