Monday, January 6, 2014

MENGHILANGKAN KARAT PADA MOBIL




Karat adalah musuh terbesar mobil. Mobil memang dibuat dari logam. Body ataupun sasis pun dibuat menggunakan logam, karena itu ibarat kanker yang bisa memakan body mobil. Banyak sebab karat bisa muncul di mobil. Yang utama adalah karena cat mobil terkelupas atau gores. Entah karena menabrak, terantuk batu, catnya berumur atau terkena panas terus- menerus.
Cat yang terkelupas ini, ditambah dengan udara dan kelembapan, menyebabkan logam teroksidasi sehingga timbulah karat. Karat ini awalnya kecil, tapi terus melebar. Cara untuk menghilangkan karat di mobil, tentu dengan mengecatnya kembali. Langkah- langkah yang perlu dilakukan adalah :
1.       Siapkan peralatan seperti gerinda, sarung tangan, kacamata, dan pelindung debu.
2.       Hilangkan cat di sekitar area yang berkarat. Anda bisa menggunakan gerinda tangan. Pelan- pelan saja, atau bisa juga menggunakan amplas 150 grit untuk mengamplas karat, termasuk karat yang ada di logam. Tunggu sampai sedikit halus.
3.       Saat menggunakan gerinda tangan, anda harus hati- hati karena jika berlebihan malah merusak body mobil. Untuk membersihkan sisa- sisa karat, anda bisa menggunakan asam fosfor yang bisa dibeli di toko kimia atau menggunakan cairan penghilang karat dari toko onderdil atau Ace hardware.
4.       Jika diperlukan belilah dempul seperti isamu atau yang di impor seperti bondo untuk meratakan permukaan. Langkah akhir (finishing) yaitu dengan mengamplas menggunakan tangan dengan amplas 120 grit. Setelah halus baru siap untuk di cat.
5.       Belilah cat dasaran/ primer untuk mobil. Ini bisa di beli di toko variasi mobil.
6.       Cara implementasi cat dasaran ini biasanya dengan mengelap area yang akan diberi cat dasaran dengan thinner.
7.       Menutup area yang tidak akan di cat dengan kertas Koran.
8.       Semprotkan cat dasaran dengan jarak sekitar 20-30 cm.
9.       Buat tiga lapis dasaran, anda harus beberapa menit sebelum melapis. Setelah itu biarkan cat dasaran mengering selama semalaman (min 12 jam).
10.   Amplas dengan menggunakan amplas 400 grit.
11.   Semprotkan cat tipis- tipis sehingga cat tidak menggumpal seperti air. Buat lapisan sesuai kebutuhan sampai terlihat cukup. Biarkan selama 24 jam untuk mengeringkan.
12.   Berikan cat vernis (clear coat) untuk lapisan akhir.
13.   Diamkan mobil sampai cat kering (normalnya 48 jam). Setelah itu cuci dan gosok mobil. Jangan gunakan kompon di cat yang baru, paling tidak sampai sebulan setelah pengecatan.

No comments:

Post a Comment