Di negeri tropis seperti
Indonesia, mobil cepat sekali mengalami panas. Masalah overheat atau kepanasan
ini termasuk masalah yang cukup sering terjadi, ada beberapa penyebab overheat.
Penyebab umum berkaitan dengan elemen pendingin mesin/ radiator dan aspek
lainnya. Kejadian yang lazim misalnya seorang pengemudi melihat dasbor dan
indikator suhu menunjukkan temperature hot atau panas, sementara mesin
mengalami knocking dan performa mesin pun mumble.
Penyebab mesin menjadi panas
antara lain :
1. Cairan
pendingin di radiator jumlahnya tidak mencukupi.
2. Aliran
cairan pendingin radiator tidak lancer.
3. Selang-
selang di radiator tersumbat karena terpelintir, atau sebab lainnya.
4. Ada
kotoran di sirip pendingin radiator sehingga pendinginann tidak optimal.
5. Indikator
pengatur suhu atau termoset memang sudah rusak.
6. Sistem
distribusi bahan bakar tidak berfungsi dengan baik.
7. Knalpot
tidak lancar mengalirkan udara.
8. Pompa
radiator rusak.
9. Kopeling/
clutch selip, tenaga dari mesin tidak bisa disalurkan ke transmisi dengan
lancer.
10. Rem
menggesek sehingga mesin harus kerja keras untuk menggerakkan mobil.
Apa yang harus anda lakukan jika
mesin panas? Melihat faktor-faktor di atas, anda harus mematikan mesin terlebih
dahulu, setelah itu lakukan langkah- langkah berikut ini :
1. Dinginkan
mesin, kemudian buka kap mesin dan buka penutup radiator. Apakah level cairan
di radiator rendah? Jika ya, maka tambahkan cairan pendingin ke dalamnya.
2. Jika
baru kemarin ditambahkan cairan pendingin, tapi sudah mulai kosong lagi,
berarti ada yang bocor di radiator.
3. Cek
selang- selang radiator, apakah ada kekenduran atau cairan yang menetes di
selang- selang radiator. Selang di radiator banyak, ada selang besar dan kecil.
Cek semuanya untuk melihat apakah ada kebocoran. Untuk mengecek selang radiator
ini, coba nyalakan mesin terlebih dahulu, kemudian gas mobil supaya putaran
mesin tinggi. Jika putaran mesin tinggi, tekanan pompa juga meninggi sehingga
kebocorannya baru keliahatan.
4. Jika
ada kebocoran, coba tutupi kebocoran tersebut dengan vinyl, atau perkuat kawat
pengikat selang tersebut.
5. Apabila
pipa-pipa radiator buntu, biasanya disebabkan oleh kerak. Jika begini, maka
kuras radiator dan isikan dengan air bersih sehingga kerak agak berkurang.
6. Termostat
adalah komponen yang bertugas mengatur aliran radiator yang keluar dari mesin.
Dengan menggunakan klep dari thermostat, aliran cairan radiator bisa diatur.
Bisa jadi tampilan suhu yang oanas ini disebabkan kerusakan thermostat.
7. Termostat
memiliki katup yang bisa menghalangi aliran air. Jadi jika katup rusak, air
akan berhenti mengalir, akibatnya suhu mesin meninggi. Untuk melepas thermostat,
kadang anda perlu melepas selang besar dari mesin ke radiator. Ambil rumah thermostat,
dan ambil thermostat dari rumahnya.
8. Mobil
yang panas juga bisa disebabkan karena kipas tidak berputar, penyebabnya bisa
sabuk tali kipas rusak.
9. Cara
mengecek thermostat adalah lepas thermostat, kemudian letakkan di air yang
sedang dimasak. Jika temperature air 60 derajat celcius, lihat apakah katup thermostat
membuka, dan saat suhu 80 derajat celcius, apakah katup tersebut terbuka
sepenuhnya? Jika ya, berarti termostatmasih bagus dan jika tidak maka thermostat
sudah rusak dan harus diganti.
No comments:
Post a Comment