Tuesday, January 7, 2014

APA YANG DILAKUKAN JIKA MESIN OVERHEAT




Di negeri tropis seperti Indonesia, mobil cepat sekali mengalami panas. Masalah overheat atau kepanasan ini termasuk masalah yang cukup sering terjadi, ada beberapa penyebab overheat. Penyebab umum berkaitan dengan elemen pendingin mesin/ radiator dan aspek lainnya. Kejadian yang lazim misalnya seorang pengemudi melihat dasbor dan indikator suhu menunjukkan temperature hot atau panas, sementara mesin mengalami knocking dan performa mesin pun mumble.
Penyebab mesin menjadi panas antara lain :
1.       Cairan pendingin di radiator jumlahnya tidak mencukupi.
2.       Aliran cairan pendingin radiator tidak lancer.
3.       Selang- selang di radiator tersumbat karena terpelintir, atau sebab lainnya.
4.       Ada kotoran di sirip pendingin radiator sehingga pendinginann tidak optimal.
5.       Indikator pengatur suhu atau termoset memang sudah rusak.
6.       Sistem distribusi bahan bakar tidak berfungsi dengan baik.
7.       Knalpot tidak lancar mengalirkan udara.
8.       Pompa radiator rusak.
9.       Kopeling/ clutch selip, tenaga dari mesin tidak bisa disalurkan ke transmisi dengan lancer.
10.   Rem menggesek sehingga mesin harus kerja keras untuk menggerakkan mobil.
Apa yang harus anda lakukan jika mesin panas? Melihat faktor-faktor di atas, anda harus mematikan mesin terlebih dahulu, setelah itu lakukan langkah- langkah berikut ini :
1.       Dinginkan mesin, kemudian buka kap mesin dan buka penutup radiator. Apakah level cairan di radiator rendah? Jika ya, maka tambahkan cairan pendingin ke dalamnya.
2.       Jika baru kemarin ditambahkan cairan pendingin, tapi sudah mulai kosong lagi, berarti ada yang bocor di radiator.
3.       Cek selang- selang radiator, apakah ada kekenduran atau cairan yang menetes di selang- selang radiator. Selang di radiator banyak, ada selang besar dan kecil. Cek semuanya untuk melihat apakah ada kebocoran. Untuk mengecek selang radiator ini, coba nyalakan mesin terlebih dahulu, kemudian gas mobil supaya putaran mesin tinggi. Jika putaran mesin tinggi, tekanan pompa juga meninggi sehingga kebocorannya baru keliahatan.
4.       Jika ada kebocoran, coba tutupi kebocoran tersebut dengan vinyl, atau perkuat kawat pengikat selang tersebut.
5.       Apabila pipa-pipa radiator buntu, biasanya disebabkan oleh kerak. Jika begini, maka kuras radiator dan isikan dengan air bersih sehingga kerak agak berkurang.
6.       Termostat adalah komponen yang bertugas mengatur aliran radiator yang keluar dari mesin. Dengan menggunakan klep dari thermostat, aliran cairan radiator bisa diatur. Bisa jadi tampilan suhu yang oanas ini disebabkan kerusakan thermostat.
7.       Termostat memiliki katup yang bisa menghalangi aliran air. Jadi jika katup rusak, air akan berhenti mengalir, akibatnya suhu mesin meninggi. Untuk melepas thermostat, kadang anda perlu melepas selang besar dari mesin ke radiator. Ambil rumah thermostat, dan ambil thermostat dari rumahnya.
8.       Mobil yang panas juga bisa disebabkan karena kipas tidak berputar, penyebabnya bisa sabuk tali kipas rusak.
9.       Cara mengecek thermostat adalah lepas thermostat, kemudian letakkan di air yang sedang dimasak. Jika temperature air 60 derajat celcius, lihat apakah katup thermostat membuka, dan saat suhu 80 derajat celcius, apakah katup tersebut terbuka sepenuhnya? Jika ya, berarti termostatmasih bagus dan jika tidak maka thermostat sudah rusak dan harus diganti.

No comments:

Post a Comment