Wednesday, January 8, 2014

MENGGANTI KAMPAS REM DRUM



Rem drum saat ini masih sering dipakai, terutama di roda bagian belakang dari mobil. Rem drum memiliki keunggulan karena lebih mudah diterapkan untuk rem parkir/ rem tangan. Mengganti kampas rem drum sedikit lebih sulit dibandingkan dengan kampas rem cakram, karena komponen- komponen rem drum lebih banyak, dan pengaturannya pun lebih detail. Setiap mobil memiliki konfigurasi rem drum yang berbeda- beda.
Berikut ini garis besar cara mengganti kampas rem drum yaitu :
1.       Longgarkan baut- baut ban.
2.       Dongkrak bagian belakang mobil. Untuk lebih aman, beri ganjal di ban lainnya.
3.       Singkirkan ban, dan biarkan pemegang ban saja.
4.       Lepaskan penutup drum. Jika sulit, anda bisa menyemprotnya dengan semprotan yang biasa digunakan untuk penghilang karat.
5.       Bagian dalam drum, umumnya terdiri atas 2 kampas rem yang dilengkapi dengan pegas dan dudukan rem.
6.       Jika anda kesulitan melepas drum rem, cek apakah ada sekrup yang menahan drum tersebut. Karena beberapa tipe rem drum memiliki sekrup penahan.
7.       Setelah dilepas, cek drumnya apakah ada kerusakan atau tidak? Jika ada kerusakan, maka bisa jadi anda harus menggantinya, atau memperbaikinya.
8.       Semprot semua mekanisme pengereman ini dengan kompresor, tapi debunya bisa mengandung asbestos, karena itu, jangan dihirup.
9.       Rem drum punya beberapa pegas dan tuas, seperti untuk penyesuaian dan untuk rem tangan. Biasanya ada warna yang berbeda- beda, sebelum anda melepas komponen- komponennya, ada baiknya anda mengambil gambar dengan kamera digital untuk mengetahui bagaimana tampilan sebelum dibedah, agar lebih mudah untuk memasangnya kembali.
10.   Siapkan kampas rem baru, dan bandingkan dengan kampas rem yang lama. Serta pastikan bahwa ukuran dan dimensinya sama persis. Pastikan juga lubang- lubang yang dimiliki sama karena lubang ini nantinya menentukan dudukan yang ada.
11.   Pasang kampas rem baru ini ke posisinya, caranya tergantung pada bentuk rem drum yang anda miliki.
12.   Beberapa tipe kampas rem ukurannya berbeda, yang depan maupun yang belakang, tapi umumnya sama sehingga bisa dipasang terbalik.
13.   Pasang lagi pin penahan, dan per- per yang ada. Ini pengaturannya tergantung kepada yang anda miliki.
14.   Pastikan semua sudah kembali seperti sebelumnya, seperti kabel untuk rem tangan, dsb.
15.   Bandingkan gambaran setelah dipasang semua, dengan gambar awal yang diambil dengan kamera digital. Pastikan tidak ada yang error. Akibat kesalahan dalam memasang rem sangat fatal dan berbahaya sekali.
16.   Kalau sudah, pasang tutup drum.
17.   Pasang juga ban.
18.   Singkirkan dongkrak.
19.   Ulangi cara yang sama ini di roda belakang satunya.
20.   Cek dahulu rem di jalan datar, sebelum digunakan untuk perjalanan.

No comments:

Post a Comment