Tuesday, January 7, 2014

MENGGANTI KAMPAS REM CAKRAM MOBIL




Salah satu komponen yang termasuk bergerak cepat di dunia bengkel, harganya cukup murah serta tersedia variasi mutu dari mulai KW1 sampai KW3, buatan Indonesia, Jepang atau China adalah kampas rem atau brake pad. Sistem pengereman mobil menggunakan cakram sekarang sudah lazim digunakan di roda depan agar pengereman lebih presisi. Adapun di roda belakang kebanyak mobil, umumnya masih memakai rem drum, hanya mobil- mobil mewah yang menggunakan cakram di bagian depan dan belakang rodanya.
Jika anda ingin coba-coba mengganti kampas rem cakram Anda sendiri, berikut ini panduannya :
1.       Beli kampas rem yang cocok untuk mobil anda. Jika anda ingin menggunakan rem cakram yang dibuat oleh pabrikan lain, pastikan cocok untuk jenis mobil anda. Pada umumnya, semakin mahal harga kampas rem ini, umur pakainya semakin lama. Pilihlah kampas rem yang cocok karena ada kampas rem untuk reli yang lebih mahal, tapi sebenarnya membutuhkan rotor yang khusus. Jika diaplikasikan pada mobil biasa, tanpa mengganti rotor, akan memakan rotor, membuat rotor atau disc anda cepat rusak.
2.       Pastikan mobil dalam kondisi dingin, jika mobil baru saja digunakan, maka kondisi rotor, kaliper (orang bengkel sering menyebutnya kapala babi), dan kampas rem akan sangat panas, dan tangan anda bisa melepuh jika memegangnya.
3.       Siapkan dongkrak, lalu cari posisi ungkit yang aman dan stabil. Lalu dongkrak hingga roda terangkat sedikit.
4.       Lepas baut pemegang roda ke ulir yang digunakan untuk memasang roda. Anda bisa menggunakan kunci pas yang sesuai dengan ukuran baut tersebut. Kunci pas ini biasanya sudah disediakan oleh mobil, plus dengan dongkrak saat anda membeli mobil.
5.       Lepaskan roda, maka terlihat pemandangan rotor dan kaliper.
6.       Jika ban agak sulit untuk dilepas, coba tending pelan- pelan menggunakan kaki, sampai bergerak. Setelah lepas, bersihkan dudukan untuk memasang ban. Juga permukaan rotor, dan bagian belakang pelek roda.
7.       Rotor di rem cakram mobil tidaklah pejal, bagian tengahnya ada lubangnya. Ini untuk pembuangan panas agar rotor yang sedang bekerja bisa dibuang panasnya. Selain itu, supaya rotor tetap ringan dan tidak terlalu berat.
8.       Untuk mengecek kondisi kampas rem habis atau tidak, anda bisa melihat lubang di tengah kaliper apakah kampas rem masih ada atau tidak.
9.       Lepaskan baut kaliper, tiap mobil memilik letak baut kaliper yang berbeda- beda, dan yang posisinya berbeda pula.
10.   Buka kaliper, cara membukanya juga berbeda tergantung kepada tipe kaliper mobil, apakah one piece, two piece atau yang kompleks. Beberapa kaliper tidak perlu dilepas total. Untuk yang dilepas total, pastikan anda meletakkannya dengan benar, dan tidak menggantung di kabel rem saja.
11.   Anda bisa melihat adanya kampas rem yang menempel di bagian rotor, sementara di kaliper terlihat ada piston untuk menekan kampas rem cakram ini.
12.   Ambil kampas rem yang sudah lama, siapkan kampas rem baru.
13.   Tiap kampas rem biasanya sudah memiliki indikator di ujungnya untuk menunjukkan apabila kampas rem sudah tipis. Indikator ini jika menyentuh rotor akan berbunyi berdecit. Jika rem berdecit, itu artinya kampas rem hampir habis dan anda harus segera menggantinya.
14.   Letakkan dua kampas rem di dudukannya.
15.   Jangan langsung pasangkan, karena tidak akan bisa. Piston di kaliper sudah melar karena sebelumnya menggunakan kampas rem yang tipis.
16.   Untuk mengembalikan piston, sulit dilakukan dengan tangan, cobalah dengan menggunakan klem.
17.   Tekan piston sampai ke posisi yang diinginkan.
18.   Setelah silinder piston masuk kembali, kencangkan atau pasang kembali kaliper ke dudukannya. Caranya sama seperti sebelumnya.
19.   Pasang kembali roda, cara memasangnya sama seperti cara melepasnya, yaitu dengan memasnag baut dengan posisi silang. Kanan atas, kiri bawah, kiri atas, dan kanan bawah.
20.   Turunkan dongkrak, stater kendaraan, dan pastikan bahwa kendaraan sedang netral. Tekan rem untuk membuat piston kaliper duduk dengan nyaman di posisi barunya.
21.   Jalankan mobil dan coba rem, apakah sudah pakem, dan tidak ada suara- suara aneh.

No comments:

Post a Comment