Tuesday, January 7, 2014

MEMPERBAIKI GARDAN BOCOR DAN MENGGANTI OLI GARDAN



Bagi mereka yang menggunakan mobil berpenggerak belakang, seperti jip,truk, MPV, pickup, bus, dan sebagainya. Selalu ada gardan. Gardan ini fungsinya meneruskan gerakan dari poros propeler ke sumbu roda belakang. Ada keunggulan mobil penggerak belakang dibandingkan dengan penggerak depan, yaitu roda berpenggerak belakang lebih stabil dan mantap handling-nya karena roda depan lebih bebas bergerak. Usahakan mengganti oli gardan ini tiap 2x atau 3x ganti oli mesin. Atau tiap 10- 15 ribu KM sekali. Ika kurang oli atau ada disfungsi di bagian gardan ini, biasanya tenaga mesin menjadi drop, dan ada suara menderu di bagian bawah belakang mobil anda. Mesin jadi boros bensin, dan tenaga ngempos.Teknik lain untuk menguji apakah gardan sudah rusak atau perlu ditata adalah suhunya sangat tinggi. Ini karena ada gesekan atau keausan. Jika ada alat-alat yang lengkap, sebenarnya oli gardan ini bisa anda perbaiki sendiri, yaitu dengan cara :
1.   Angkat mobil bagian belakang dengan dongkrak besar atau anda bisa meletakkan mobil di tempat yang tengahnya berlubang, seperti yang ada di tempat cuci tradisional, tau tempat ganti oli sehingga anda bisa turun ke lubang tengah.
2.      Bersihkan gardan, anda bisa menggunakan air bertekanan, penghilang gemuk, minyak tanah atau solar, untuk menghilangkan minyak, dan selang untuk menyemprotkan airnya.
3.      Lepas baut- baut pemegang tutup gardan, dimulai dari bawah baru ke atas.
4.      Jika ternayata gardan sulit untuk dilepas, anda bisa membukanya menggunakan obeng minus.
5.      Jika gardan tidak bocor dan hanya ingin ganti oli saja, anda bisa membuka baut penguras gardan atau baut- baut bagian bawah gardan saja, sementara baut atasnya tidak usah dilepas.
6.      Sebelum gardan lepas benar, pastikan di bawahnya ada bak atau panic penampung oli.
7.      Buka tutup gardan, dan cek apakah roda- roda gigi di dalamnya tidak dalam kondisi rusak.
8.      Jika gasket tidak bisa dilepas, coba lepas menggunakan obeng minus, atau tang pengelupas. Gasket yang sudah tidak fungsional adalah penyebab gardan menjadi bocor.
9.      Bersihkan penutup gardan.
10.  Bersihkan pula bagian dalam gardan dari serpihan- serpihan besi dan oli sisa jika diperlukan.
11.  Setelah semuanya selesai, anda bisa memasang gasket baru dan penutup gardan. Untuk mencegah kebocoran, anda bisa menggunakan silikon khusus di penutup gardan, tapi ini opsional, tidak wajib hukumnya. Asalkan gasket sudah bagus, biasanya tidak bocor lagi.
12.  Setelah rapat, tinggal mengisi oli gardan, lalu buka lubang pengisi oli gardan.
13.  Cara mengisi oli gardan ialah melalui lubang ini sampai luber. Jika luber berarti sudah penuh, tutup kembali lubang ini.
14.  Lepaskan dongkrak, hati- hati saat melakukannya jangan sampai badan atau kepala anda ada di bawah mobil.
Coba jalankan mobil, dan tunggu sebentar apakah ada kebocoran di gardan.

No comments:

Post a Comment