Bagi mereka yang menggunakan mobil berpenggerak belakang,
seperti jip,truk, MPV, pickup, bus, dan sebagainya. Selalu ada gardan. Gardan
ini fungsinya meneruskan gerakan dari poros propeler ke sumbu roda belakang.
Ada keunggulan mobil penggerak belakang dibandingkan dengan penggerak depan,
yaitu roda berpenggerak belakang lebih stabil dan mantap handling-nya karena
roda depan lebih bebas bergerak. Usahakan mengganti oli gardan ini tiap 2x atau
3x ganti oli mesin. Atau tiap 10- 15 ribu KM sekali. Ika kurang oli atau ada
disfungsi di bagian gardan ini, biasanya tenaga mesin menjadi drop, dan ada
suara menderu di bagian bawah belakang mobil anda. Mesin jadi boros bensin, dan
tenaga ngempos.Teknik lain untuk menguji apakah gardan sudah rusak atau perlu
ditata adalah suhunya sangat tinggi. Ini karena ada gesekan atau keausan. Jika
ada alat-alat yang lengkap, sebenarnya oli gardan ini bisa anda perbaiki
sendiri, yaitu dengan cara :
1. Angkat
mobil bagian belakang dengan dongkrak besar atau anda bisa meletakkan mobil di
tempat yang tengahnya berlubang, seperti yang ada di tempat cuci tradisional,
tau tempat ganti oli sehingga anda bisa turun ke lubang tengah.
2.
Bersihkan
gardan, anda bisa menggunakan air bertekanan, penghilang gemuk, minyak tanah atau
solar, untuk menghilangkan minyak, dan selang untuk menyemprotkan airnya.
3.
Lepas
baut- baut pemegang tutup gardan, dimulai dari bawah baru ke atas.
4.
Jika
ternayata gardan sulit untuk dilepas, anda bisa membukanya menggunakan obeng
minus.
5.
Jika
gardan tidak bocor dan hanya ingin ganti oli saja, anda bisa membuka baut
penguras gardan atau baut- baut bagian bawah gardan saja, sementara baut
atasnya tidak usah dilepas.
6.
Sebelum
gardan lepas benar, pastikan di bawahnya ada bak atau panic penampung oli.
7.
Buka
tutup gardan, dan cek apakah roda- roda gigi di dalamnya tidak dalam kondisi
rusak.
8.
Jika
gasket tidak bisa dilepas, coba lepas menggunakan obeng minus, atau tang pengelupas.
Gasket yang sudah tidak fungsional adalah penyebab gardan menjadi bocor.
9.
Bersihkan
penutup gardan.
10. Bersihkan pula bagian dalam gardan
dari serpihan- serpihan besi dan oli sisa jika diperlukan.
11. Setelah semuanya selesai, anda bisa
memasang gasket baru dan penutup gardan. Untuk mencegah kebocoran, anda bisa
menggunakan silikon khusus di penutup gardan, tapi ini opsional, tidak wajib
hukumnya. Asalkan gasket sudah bagus, biasanya tidak bocor lagi.
12. Setelah rapat, tinggal mengisi oli
gardan, lalu buka lubang pengisi oli gardan.
13. Cara mengisi oli gardan ialah melalui
lubang ini sampai luber. Jika luber berarti sudah penuh, tutup kembali lubang
ini.
14. Lepaskan dongkrak, hati- hati saat
melakukannya jangan sampai badan atau kepala anda ada di bawah mobil.
Coba jalankan mobil, dan tunggu sebentar apakah
ada kebocoran di gardan.
No comments:
Post a Comment