Wednesday, January 8, 2014

MASALAH SEPUTAR STARTER MOGOK


Mobil-mobil modern sebenarnya sudah memiliki sistem starter yang cukup bagus. Ketika anda menstarter mobil, artinya anda menggunakan motor elektrik untuk menyalakan mesin sehingga mesin siap untuk digunakan. Untuk mengakomodasi fungsi starter, mobil memanfaatkan fasilitas sistem starter. Jadi, ada komponen- komponen yang melakukan fungsi tertentu untuk mengakomodasi starter.
Komponen utama dari sistem starter adalah motor elektrik arus searah/ DC yang dihubungkan ke motor. Motor starter ini membutuhkan arus listrik yang sangat tinggi untuk menyalakan mesin dengan cara menyalakan busi- businya. Karena itu, biasanya sistem starter di hubungkan ke aki menggunakan kabel yang cukup tebal karena arus yang melewati kabel besar.
Kabel negative dari aki menghubungkan terminal negatif dari aki ke blok mesin yang dekat dengan starter. Adapun kabel positif menghubungkan terminal positif dari aki ke starter solenoid. Starter solenoid ini berfungsi sebagai switch atau saklar otomatis. Ketika di aktifkan, akan menutup rangkaian dan menghubungkan motor starter ke aki. Pada saat yang bersamaan akan menekan gear starter maju agar bersentuhan dengan roda gila dari mesin.
Berikut ini cara kerja sistem starter yang bertungas menyalakan mesin mobil anda , saat pertama kali mobil anda di gunakan :
1       Ketika anda memutar kunci mobil ke posisi start, Voltase dari aki akan menjalar ke rangkaian control starter dan mengaktifkan starter solenoid. Ini akan member daya di motor starter. Kemudian, motor starter ini akan menyalakan mesin.
2.       Starter hanya bisa di operasikan ketika transmisi otomatis di atur ke park atau netral, atau jika menggunakan transmisi manual, saat pedal kopling di tekan. Karena itulah, ada switch keamanan netral yang ada di transmisi otomatis atau di pedal kopling.
3.       Ketika transmisi otomatis tidak sedang di posisi park atau netral, atau saat pedal kopling tidak di tekan. Saklar keamanan netral ini terbuka sehingga relay starter memutus rangkaian control dari starter yang mengakibatkan starter tidak bisa dilakukan.
 Bagaimana jika saat menstarter, mobil tetap ngambeg dan tidak mau bekerja, ada berbagai alternative yang bisa dilakukan, tetapi disini hanya di jelaskan dua garis besarnya saja:
1.       Jika anda mengatur kunci kontak ke start, anda mendengar starter mencoba menyalakan starter seperti biasa (ada gerakan mengengkol di mesin), berarti kerusakan tidak ada di sistem starter tetapi di mesin. Kemungkinannya bisa beragam dari mulai selang bensin, saringan bensin, pompa bensin, karburator, injector , hingga masalah dalaman mesin seperti busi , kerusakan di piston, silinder,dan banyak lainnya.
2.       Jika anda mengantur kunci kontak ke start, tetapi tidak ada suara apapun dari mesin ( atau ada suara tapi kecil) dan anda hanya mendengar klik klik, maka kemungkinan salah satu komponen di sistem starter ini ada yang rusak, entah itu kunci kontak, solenoid, motor starter, dan yang paling sering adalah aki alias aki tekor. Aki yang tekor biasanya diganti baru atau di isi ulang dahulu atau di setrum 

No comments:

Post a Comment