Wednesday, January 8, 2014

KETIKA KNALPOT BERISIK



Apakah anda pernah mendengar bunyi- bunyian yang tidak enak di bagian bawah mobil anda? Bisa jadi ada yang tidak beres pada knalpot. Berikut ini cara pengecekannya :
1.       Anda memerlukan bantuan teman untuk mendiagnosis bagian kolong mobil anda.
2.       Angkat mobil atau letakkan mobil di tempat yang bagian tengahnya lowong.
3.       Pastikan tempat ini berventilasi karena asap knalpot sangat berbahaya. Nyalakan kendaraan
4.       Minta teman anda untuk menutup ujung knalpot, bisa dengan menggunakan kain lap.
5.       Ingat bahwa suhu asap mobil ini sangat panas, hati- hati jangan sampai terbakar.
6.       Saat asap mobil tidak bisa keluar, cek di sepanjang saluran knalpot apakah ada asap yang keluar, jika ada itu artinya ada yang bocor. Anda harus segera menutup kebocoran ini. Anda bisa memanggil tukang las untuk membantu menutup kebocoran.
7.       Kebocoran juga bisa dicek dengan adanya suara, dengan mendekatkan tangan anda di bagian yang anda duga keluar asap.
8.       Area yang bolong biasanya berwarna kehitaman karena adanya deposit karbon di sekitar daerah yang berlubang. Jadi kalau ada area yang berwarna hitam sementara di sekitarnya putih, patut di curigai bahwa ada kebocoran di situ.
9.       Jika kebocoran dikarenakan mur dan baut yang kurang kencang, maka tinggal dikencangi.
10.   Jika tidak ada kebocoran, tapi masih terdengar suara berisik, memang mungkin knalpot mobil anda seperti itu, anda bisa mencoba mengganti dengan tipe yang lebih sunyi.
11.   Jika ada kebocoran, anda bisa membeli pipa besi untuk mengganti atau menambal bagian yang bolong. Atau jika perlu komponen baru anda bisa membeli komponen tersebut.
12.   Menyerahkan ke tukang reparasi knalpot yang berpengalaman.

No comments:

Post a Comment