Saturday, January 11, 2014

KAPAN MOBIL ANDA BUTUH BALANCING RODA?




Ada saat- saat tertentu kapan anda butuh balancing roda, seperti :
1.       Ketika anda berjalan di kecepatan antara 60-100 KM/jam, maka ada getaran di roda. Ini disebabkan ketidakseimbangan roda. Jika anda merasakan getaran hanya di kursi anda saja, kemungkinan yang tidak balance adalah roda belakang. Karena itu, lebih baik cek ke bagian balancing roda. Roda anda bisa diberi pemberat atau bisa juga menggunakan teknik balancing yang lebih mutakhir.
2.       Mobil cenderung membelok ke kanan atau kiri jika setir dilepas, padahal jalanan rata. Ini bisa disebabkan oleh roda yang tidak balance, atau tekanan ban depan yang tidak sama. Salah satu ban mungkin kemps atau memang ukuran ban tidak sama (biasanya jika salah satu ban adalah ban cadangan). Pastikan ban yang digunakan tipe, ukuran, dan mereknya sama. JIka sudah sama, namun masih ada gejala ini, berarti perlu untuk disejajrkan.
3.       Ketika anda berjalan di jalan lurus,jari- jari dari setir posisinya tidak lurus. Ini juga disebabkan oleh perataan ketidaklurusan atau tidak balance-nya perataan roda.
Apabila mobil sudah lama dipakai, keselarasan dan keseimbangan roda harus diperbaiki karena komponen kaki- kaki mobil sudah capek, dan tentu saja ada bagian- bagian yang aus atau terantuk batu yang bisa memunculkan penyimpangan di sudut kelurusan roda. Agar mobil tetap stabil, maka anda harus spooring dan balancing secara berkala. Tujuan spooring adalah menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari ketidakseimbangan roda adalah mobil limbung dan berat sebalah.
Adapun balancing berarti membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan. Balancing juga ditunjukan untuk menghindari getaran kecil saat mobil dijalankan. Proses spooring dan balancing ini memastikan bahwa roda belakang benar- benar lurus dengan roda depan karena roda belakang hanya mengikuti gerakan roda depan saat mobil dijalankan. Apabila kondisi ini tidak tercapai, ban anda akan cepat aus dan kestabilan mobil terganggu.
Spooring dan balancing selain bermanfaat untuk keselamatan juga mengirit biaya, karena keausan ban mobil merata sehingga anda tidak cepat ganti ban. Selain itu, penanganan serta kenyamanan mobil tetap optimal, efek mobil limbung dapat dihindari, anda pun lebih mudah berkendara.

No comments:

Post a Comment