Saturday, January 11, 2014

APA SAJA YANG HARUS DICEK SEBELUM PERJALANAN JAUH ATAU PANJANG



APA SAJA YANG HARUS DICEK SEBELUM PERJALANAN JAUH ATAU PANJANG
Perjalanan di kota sedikit berbeda karakteristiknya dengan perjalanan jauh atau panjang seperti ke luar kota atau sedang mudik lebaran. Berikut ini beberapa aspek teknis dari kendaraan yang harus dicek sebelum anda memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh atau panjang.
1.       Cek semua cairan pada mobil, baik oli, pendingin, minyak rem, dan lainnya. Hal ini untuk menghindari adanya masalah yang muncul selama perjalanan jauh atau panjang.
2.       Cek tekanan roda, lihat tekanan standar dari roda sesuai dengan spek yang anda inginkan. Jangan lupa juga untuk membawa ban cadangan, serta peralatan mobil seperti dongkrak, kunci pas untuk roda.
3.       GAnti oli. Jika perjalanan anda jauh, dan kilometer mobil anda hampir melewati batas waktu ganti oli. Perjalanan jauh atau panjang bisa membuat mesin bekerja lebih keras.
4.       Cek tapak mobil, jangan sampai terlalu tipis karena bahaya ban selip.
5.       Cek saringan udara pada mobil. Jangan sampai terhalang saringan udaranya dengan debu dan kotoran. Hal ini membuat boros bensin nantinya.
6.       Cuci mobil anda agar perjalanan anda lebih nyaman dengan mobil yang bersih.  Jika mobil bersih, anda akan tersugesti untuk lebih percaya diri dalam menyetir. Jika mobil kotor, rasanya handling jadi tidak enak. Tidak hanya bagian luar yang dicuci, bagian dalam pun perlu dibersihkan.
7.       Cek lampu- lampu di mobil, lampu depan (headlight), lampu sen, lampu kabut (jika ada), lampu rem (supaya tidak tertabrak dari belakang).
8.       JIka ada lampu yang error, coba ganti lampu tersebut atau serviskan kelistrikan mobil untuk mengeceknya.
9.       Siapkan P3K dalm mobil, untuk berjaga- jaga jika ada yang sakit dalam perjalanan.
10.   Siapkan perlengkapan tambahan seperti peta, GPS (Global Positioning System), telepon seluler, dsb sesuai kebutuhan anda.

No comments:

Post a Comment