Tuesday, January 7, 2014

MEMILIH SHOCK BREAKER




Shock breaker mobil memiliki fungsi menjaga kenyamanan berkendara. Dengan shock breaker atau peredam kejut, pengendara mobil bisa merasa nyaman dan mobil mobil pun tidak mudah rusak jika melewati jalan bergelombang. Ketika memilih shock breaker, anda harus tahu bahwa pegas dan penahan guncangan ini sering kali memiliki trade off antara kenyamanan dan handling. Jadi jika anda ingin memilih shock breaker, pastikan anda mengompromikan antara kenyamanan berkendara dan handling.
Banyak orang yang salah, dan hanya berkonsentrasi untuk menceperkan mobil dan mengasumsikan bahwa per yang lebih kaku dan jarak yang lebih pendek akan meningkatkan handling. Komponen pertama dari shock breaker adalah peredam kejut (shocks), terdiri atas piston yang diletakkan di dalam cairan dan ditambah ruangan berisi gas yang berfungsi meredam kejut karena gas akan terkompresi jika ditekan, sementara cairan tidak terkompesi jika ditekan. Cara untuk mengetes apakah shock breaker anda masih baik adalah dengan mencoba melewati jalan yang berlubang lalu mengecek jumlah pantulan shock breaker. Jika setelah anda melewati jalan berlubang, dan shock memantul lebih dari sekali atau dua kali, maka shock anda harus segera dig anti. Tanpa peredam kejut, maka shock breaker hanya seperti per yang mentul- mentul tanpa bisa stabil.
Beberapa shock breaker yang bagus bisa memberikan anda pilihan untuk menyeting bound dan rebound. Bound yaitu atribut peredam kejut untuk melakukan kompresi dari kejutan yang diterima, sementara rebound adalah pelepasan kompresi. Jika suspensi anda memiliki setting seperti ini, anda bisa mengatur shock sesuai dengan keinginan anda. Ada juga suspense jenis hi-low yang memungkinkan anda mengatur tingkat kenyamanan berkendara, dan tingkat handling sekaligus. Shock breaker jenis hi-low yang baik memiliki beberapa fitur seperti :
è Bisa mengatur ketinggian yang diinginkan.
è Kualitas barang bagus, anti karat dan pengecetan juga bagus.
è Klep berkualitas sehingga awet.
è Tersedia untuk banyak jenis mobil.
è Ada peningkatan handling.
è Respond steering lebih enak, mobil jadi mudah dikontrol.
è Mobil jadi stabil dan nyaman.
è Model bagus.
è Enak dipakai saat mobil di rem.
è Bisa di-charge gas nitrogen.
è Sunyi
è Terbukti dan ada sertifikasinya.
Jika mobil anda adalah tipe mobil keluarga, maka jika tidak ada alasan yang kuat, sebaiknya anda tetap menggunakan tipe suspense bawaan pabrik. Jika tidak tahu kualitas suspense yang baik, nantinya malah jaminan garansi perbaikan mobil anda bisa hilang, jika ada kerusakan karena memakai suspense yang bukan spek resmi dari pabrik.

No comments:

Post a Comment