Wednesday, January 8, 2014

MENGECEK POMPA BENSIN



Jika mobil anda baru diisi bensin, tapi mesin mobil jalannya tidak mulus, dan seolah kekurangan bensin (mau mati tapi tak mati), atau bahkan tidak mau start, padahal aki masih bagus. Sebaiknya anda mengecek dulu apakah pompa bensin nya error? Pompa bensin adalah komponen yang berfungsi untuk memompa bensin dari tangki bahan bakar ke karburator atau injector, kemudian bensin bisa dimasukkan ke dalam ruang bakar untuk diledakkan oleh busi. Lihat selang dari pompa bensin anda, yang pertama biasanya penyaring bensin, dan yang kedua baru pompa bensin. Walaupun begitu, pompa bensin ada juga yang posisinya di dalam tangki bensin tergantung tipe mobil anda.
Tidak hanya pompa bensin yang dapat menyebabkan masalah, bisa jadi ada komponen lain di sistem distribusi bahan bakar, seperti karburator, injector, saringan bensin, selang yang tertutup kotoran, dsb. Sebelum mengganti pompa bensin coba cek dahulu apakah benar pompa bensin yang error. Jika benar pompa bensin yang error maka lakukan langkah- langkah berikut : 

Lepas selang yang membawa bensin dari pompa bensin ke karburator atau injector di sisi karburator/ injector ini. Kemudian letakkan di dalam wadah. Selang dari pompa bensin ini akan menyalurkan bensin yang diangkat dari tangki bensin ke arah karburator atau injector untuk kemudian dikabut dengan campuran udara.
2.       Aktifkan rem tangan, dan netralkan perseneling. MIntalah kepada orang lain untuk mengaktifkan mobil, memang mobil tidak akan bisa menyala karena tidak ada bensin yang mengalir ke karburator atau yang terangkat oleh pompa bensin.
3.       Jika ada bensin yang mengalir berarti pompa bensin ini sudah berfungsi dengan benar. Artinya kerusakan ada pada komponen lain, seperti karburator atau injector. Jika tidak ada, bisa jadi komponen fuel pump ini rusak atau komponen lain juga terhambat, lalu coba lihat saringan bensin.
4.       Jika pompa bensin memang harus diganti. Anda bisa mencoba untuk menggunakan pompa bensin bekas yang masih bagus (sudah diperbaiki). Ini tidak terlalu mahal. Beberapa pabrikan malah membuat pompa bensin yang bisa diperbaiki sendiri dengan menggunakan obeng. Akan tetapi, ada juga pompa bensin jenis catridge yang hanya bisa diperbaiki oleh pabrikan saja.
5.       Jika pompa bensin berjalan bagus, tekanannya juga oke, mesin pun businya bagus, kompresinya bagus, maka kemungkinan injector tidak terbuka atau karburator ada yang tersumbat.
6.       Jika masalahnya pada injector ciba gunakan larutan pelancar injector (injector cleaner) yang dijual di toko otomotif, atau bahkan mall- mall besar seperti Carrefour, Ace hardware, atau Giant.
7.       Jika masalahnya pada kelistrikan di injector, coba cek sirkuit- sirkuit pendukung injector, apakah sekring putus, relay power yang tidak baik, atau pengkabelan yang salah di injector. Bagian relay dan sekring injector ini biasanya terletak di kotak relay atau distribusi daya di kompartemen mesin.
8.       Jika sekring masih dalam keadaan baik coba tukar relay untuk melihat apakah injector masih berjalan baik.
9.       Anda juga bisa mengukur resistensi injector dengan ohmmeter. Jika resistensi tidak sesuai spek, gantilah injector, atau coba hubungi bengkel resmi yang punya alat lebih detail untuk menguji injector ini.  Mengingat bengkel- bengkel biasa umumnya hanya bisa menangani tipe induksi jenis karburator dan bukan injeksi.
10.   Jika injector bekerja normal, namun mesin belum juga mulai, maka kemungkinan mesin kebanjiran bensin. Coba cek busi apakah anda kebasahan, cek juga saringan udara yang kemungkinan kotor sehingga campuran bensin dan udara lebih banyak bensinnya, karena udara terhalang oleh saringan udara.
11.   Kesulitan saat stater juga bisa disebabkan oleh kesalahan pengemudi, yaitu jangan biasakan menekan pedal gas saat menstater mobil karena ini akan membuat mesin dipenuhi bensin.
12.   Jika anda gagal menstater, tapi mencium bau bensin, coba cek cik nya, kemungkinan mobil ter- cuk sehingga campuran bensin dan udara terlalu besar.

1 comment:

  1. Terima kasih infonya. Gunakan mesin pompa bensin mini digital sebagai alat untuk bisnis usaha jual bensin eceran.

    ReplyDelete