Monday, January 6, 2014

MENCOPOT KACA FILM



Mobil tanpa kaca film seperti akuarium memang membuat kita tidak nyaman, selain kabin terlihat jelas, sinar matahari akan membuat penumpang di dalam mobil menjadi silau dan kepanasan. Singkatn ya, kaca film memang sangat berguna bagi mobil anda. Tapi kaca film yang sudah berumur pasti  tidak fungsional lagi atau rusak. Beberapa kejadian ini diantaranya adalah kaca film menjadi berwarna ungu dan mulai muncul titik- titik gelembung kecil di mobil anda.
Kaca film yang berwarna ungu ini disebabkan bahan celupan non metalik dari film rusak dan telah berganti warna. Adapun munculnya titik-titik gelembung disebabkan oleh perekat yang digunakan untuk menempel kaca film pada kaca jendela yang sudah tidak rekat lagi. Oleh karena itu titik-titik gelembung yang ditimbulkan akan semakin banyak. Kalau sudah begitu, tidak ada cara lain kecuali melepas kaca film tersebut. Jika anda langsung menarik kaca film, hasilnya tidak akan sempurna karena masih ada sisa dari kaca film tersebut. Berikut ini beberapa metode untuk melepas kaca film mobil anda :
Metode pertama adalah dengan metode pemanasan.
1.    Untuk metode pemanasan ini, anda bisa menggunakan alat steamer yang diguanakan untuk menghilangkan bau dari mobil, atau menggunakan alat seperti hair dryer/ pengering rambut. Namun khusus untuk hair dryer, dengan jarak tidak terlalu dekat karena panas yang dihasilkan oleh hair dryer lebih tinggi dibandingan dengan steamer.
2.       Panaskan ujung-ujung kaca film dengan steamer. Sampai ujung kaca film tersebut lepas dan bisa ditarik dengan kuku jari.
3.       Kemudian kelupas kaca film tersebut dengan terus memanaskan bagian- bagian yang akan dikelupas. Saat mengelupas anda harus melakukannya dengan cara pelan- pelan, karena jika dikelupas terlalu keras kaca film akan pecah atau anda hanya akan mengelupas bagian atas dari kaca film, sementara bagian perekat dari kaca film masih menempel.
4.       Bersihkan sisa lem perekat kaca film dengan menggunakan handuk. Tekan dengan keras sehingga lem tersebut menempel pada handuk. Jika membandel panaskan dahulu lem dengan pemanas, sebelum dibersihkan dengan handuk.
5.       Setelah lem dan kaca film hilang anda bisa membersihkan kaca dengan cairan pembersih kaca yang banyak dijual di toko- toko.

Metode kedua adalah dengan metode penyabunan. Metode ini cocok jika anda tidak memiliki peralatan untuk melakukan metode pemanasan, atau kaca film yang akan dicopot kecil areanya. Namun teknik ini memerlukan waktu yang cukup lama.
1.       Buatlah goresan kecil di kaca film dengan menggunakan cutter sehingga muncul garis yang bisa anda tarik.
2.       Kelupas kaca film tersebut. Memang tidak akan rapi karena kaca film akan menjadi beberapa potongan kecil.
3.       Semprotkan sisa lem perekat dengan air dicampur dengan sabun, anda bisa menggunakan sabun deterjen.
4.       Kemudian kerok lem tersebut dengan menggunakan cutter atau silet. Pastikan semua lem sudah terangkat.
5.       Setelah semuanya bersih, bersihkan kaca dengan cairan pembersih kaca seperti sebelumnya.

No comments:

Post a Comment