Monday, January 6, 2014

MENGHILANGKAN BAU DI MOBIL

Kelembapan, rokok,dan karpet yang tidak terawat bisa membuat kabin mobil kesayangan anda bau apek dan tidak sedap. Membersihkan mobil dari kotoran saja tidaklah cukup., karena asap rokok atau kotoran yang sudah terhisap ke dasbor,dan AC membuat bau sulit dihilangkan. Berikut ini cara menghilangkan bau dari mobil :
1.       Bersihkan mobil semaksimal mungkin. Singkirkan sampah- sampah dan barang- barang yang tidak berguna dari mobil. Karpet dan karet alas sebaiknya dikeluarkan dulu kemudian bersihkan sampai benar- benar bersih total.
2.       Lap bagian dalam mobil dengan pembersih, bisa juga dengan menggunakan pembersih jendela yang anda miliki. Untuk karpet dan jok mobil membersihkannya bisa menggunakan vacuum cleaner. Anda juga bisa membersihkan dengan mesin steam cleaner/ uap. Tapi mengguanakan steam cleaner/ uap lebih mahal dan biasanya ada di salon- salon mobil.
3.       Jika bau apek pada mobil di sebabkan oleh air yang merembes ke dalam mobil, maka anda harus melihat sumber kebocoran di mobil. Cek pada sisi- sisi jendela. Gunakan lem aquarium untuk menutup kebocoran itu, atau bisa juga dengan mengganti sisi- sisi yang sudah berumur.
4.       Semprot dan lap karet dengan desinfektan. Jika tidak ada anda bisa menggunakan cairan yang biasa dipakai untuk mengepel rumah.Beri pewangi di dalam mobil. Kemudian stater mobil dan nyalakan AC nya. Buka kap mobil lalu cari bagian lubang pemasukan udara (air intake). Semprotkan pengharum ruangan di bagian air intake tersebut.
5.       Jika kesulitan mencari bagian air intake mobil, anda bisa mencoba mematikan mesin dan kemudian biarkan kunci kontak ada di posisi RUN. Cek dan pastikan bahwa kipas AC masih berjalan. Kemudian buka kap mesin dan dengarkan adanya gerakan udara atau blower, itulah lokasi air intake.
6.       Jika menggunakan steam cleaner, jangan dikenakan ke dasbor atau sil-sil yang rentan terkena panas karena bisa merusakkan dasbor dan karet- karet di sil. Jangan terlalu lama pula dalam menggunakannya.

No comments:

Post a Comment